Kenali Jenis Kabel Listrik

Aki (Accu) atau baterai merupakan komponen yang sangat penting bagi kendaraan bermotor. Fungsinya sebagai sumber listrik yang akan mendistribusikan energi listrik ke berbagai peranti elektronik pada kendaraan. Pemilihan aki untuk kendaraan harus disesuaikan dengan spesifikasinya, agar berfungsi maksimal dan tidak menimbulkan kerusakan di kemudian hari.

Jenis-Jenis Aki


Jenis aki kendaraan pun beragam, tergantung peruntukannya. Selain aki kering dan basah yang sering ditemukan di berbagai kendaraan di Indonesia, ternyata ada beberapa jenis aki lainnya. Berikut jenis-jenis aki:

 

  • Aki Basah

Aki jenis ini merupakan aki yang paling umum ditemui di berbagai kendaraan. Disebut aki basah karena didalamnya terdapat cairan elektrolit H2SO4 atau asam sulfat. Air aki basah mengandung timah antimony yang memiliki fungsi sebagai penguat timbal namun timah antimony sangat mudah habis karena besarnya potensi penguapan. Maka itu perlu pengecekan dan perawatan yang rutin untuk menghindari kerusakan.

 

  • Aki Kering
Cek produknya di sini
Kabel Aki kering atau sering disebut dengan aki Maintenance Free (MF). Meskipun dinamakan aki kering bukan berarti tidak ada cairan didalamnya. Aki kering memiliki cairan elektrolit di dalamnya, hanya saja cairan elektrolit yang terdapat pada aki kering memiliki kandungan timah kalisum yang relatif lebih minim penguapan maka lebih hemat penggunaanya, bahkan aki kering tidak memerlukan pengisian ulang cairan elektrolit. Jadi perawatan aki kering cenderung lebih mudah dibandingkan aki basah.

 

  • Aki Kalsium
Cek produknya di sini
Berbeda dengan kedua jenis aki sebelumnya, aki kalsium memiliki material kalsium yang terdapat pada masing-masing kutub aki. Aki kalsium memiliki tingkap penguapan yang lebih rendah serta daya tahan baterai yang sangat baik dalam menyalurkan listrik. Namun aki kalisum memiliki harga yang relatif tinggi mengingat jumlahnya yang masih terbatas dan kurang popular di Indonesia.

 

  • Aki Hybrid
Cek produknya di sini
Aki hybrid merupakan perpaduan antara aki basah, aki kering dan aki kalsium. Penguapan yang tergolong minim dan perawatan yang tidak terlalu rumit, dapat menekan biaya perawatan aki. Namun sayangnya, cairan elektrolit yang terkandung dalam aki hybrid memiliki efek korosif terhadap mesin, maka meski penggunaan dalam jangka pendek, cairan tersebut bisa cepat merusak komponen mesin kendaraan serta berbahaya bagi kulit manusia.

 

  • Aki Gel
Cek produknya di sini
Jenis aki ini diklaim sebagai aki kendaraan terbaik dan tercanggih. Dibandingkan dengan aki jenis lain yang menggunakan cairan elektrolit, aki gel justru menggunakan gel. Kandungan aki gel tidak bersifat korosif dan tidak merusak komponen mesin kendaraan. Baiknya lagi perawatan aki gel tidak rumit bahkan bisa dibilang tidak perlu adanya perawatan apapun, serta usia pemakaian aki gel yang lebih lama dari jenis aki lainnya.

Cara Baca Kode Aki


Setiap kendaraan kode aki yang dimiliki berbeda-beda tergantung kebutuhan dayanya. Penggantian aki tidak bisa dilakukan sembarangan dan harus sesuai dengan spesifikasi dari kendaraan yang dipakai. Untuk itu, pastikan melihat kode aki yang terdapat pada body atau manual book kendaraan untuk memastikan tidak ada kesalahan saat akan mengganti aki baru.

Kode aki mobil ditulis berdasarkan dua standar yakni Japan Industrial Standard (JIS) dan Deutsches Institut für Normung (DIN). Aki dengan standar JIS lebih banyak beredar dibandingkan DIN karena tingginya permintaan pasar terhadap kendaraan Jepang. Perbedaan standar dari kedua aki tersebut terletak pada kepala aki. Kepala aki pada tipe DIN lebih tenggelam, sementara kepala aki pada tipe JIS lebih tinggi. Berikut adalah cara membaca kode pada kedua tipe aki versi terbaru.

 

  • Kode Aki Standar JIS

Cara membaca kode aki JIS:
34 artinya kapasitas aktual aki 34 Ah, lalu B kode baterai, 19 adalah panjang aki 19cm, dan L itu kode dari posisi pole di sebelah kiri.

 

  • Kode Aki Standar DIN

Aki berstandar DIN lebih banyak digunakan untuk mobil eropa. Kode aki DIN menggunakan kode sebanyak 5 digit, tapi yang perlu diperhatikan hanya 3 digit angka di depan. Berikut cara membaca kode aki DIN

Misal kodenya 54533, maka angka awal 5 menjadi 0, kemudian untuk angka kedua dan ketiga itu tetap jadi 45, jadi daya akinya itu 045 Ah atau sama dengan 45 Ah

Tabel Perbandingan Kabel Listrik


Produk

GS ASTRA GSMFN 36B20L/NS40ZL

Hella MF AMS 46B19L/NS40ZL

Yuasa Perfecta 36B20L

Panasonic MF NS40ZL

Xtra Supreme SMF 36B20L

DYNEX 44B20L/NS40ZL

No SKU

S004138495

S009386161

S004077787

S027255025

S020732318

S009883390

Kapasitas

35Ah

38Ah

35Ah

35Ah

35Ah

35Ah

Tegangan

12 V

12 V

12 V

12 V

12 V

12 V

Diameter L x W x H

195x127x201 mm

187x127x202 mm

195x129x202 mm

195x127x201 mm

195x127x201 mm

197x129x227 mm

Total Tinggi

225 mm

226 mm

225 mm

225 mm

225 mm

226 mm

Negara Asal

Jepang

Jerman

Jepang

Jepang

Jepang

India

Produksi

Indonesia

Jerman

Indonesia

Jepang

Korea

India

Tipe Aki

Kering, Basah, Hybrid, Kalsium, Standar JIS.

Kering, basah, standar JIS & DIN

Kering, basah, standar JIS & DIN

Kering, basah, standar JIS & DIN

Kering, basah, standar JIS & DIN

Kering, basah, standar JIS & DIN

Gambar Produk

  Cek produknya di sini Cek produknya di sini Cek produknya di sini Cek produknya di sini Cek produknya di sini Cek produknya di sini