Silinder master rem atau brake master adalah suatu komponen yang terdapat dalam sistem pengereman mobil yang berfungsi untuk menggerakkan tekanan yang dihasilkan oleh pedal rem ke mekanisme pengereman di roda kendaraan. Ini pada dasarnya adalah pusat dari sistem rem pada mobil. Saat menekan pedal rem, sebuah gaya akan mendorong piston melalui silinder rem, sehingga mengubah gaya yang muncul menjadi tekanan hidrolik. Selanjutnya, tekanan ini akan memompa cairan hidrolik melalui saluran rem dan mentransmisikan tekanan menuju ke silinder sekunder pada mekanisme pengereman setiap roda.
Silinder sekunder akan menggerakkan piston kaliper untuk mengaktifkan kaliper rem pada rem cakram (silinder roda pada rem tromol). Tindakan ini kemudian berlanjut untuk menghentikan roda. Sementara itu, sistem kopling yang terdapat pada mobil manual juga menggunakan silinder master, tetapi tidak sama dengan silinder master rem.
Sebagian besar silinder master rem memiliki desain "tandem" yang kadang-kadang juga disebut dengan silinder master ganda. Dalam silinder master tandem, dua buah silinder master akan digabungkan di dalam rumah tunggal, sehingga keduanya akan berbagi lubang silinder yang sama. Hal ini akan memungkinkan rakitan silinder untuk mengontrol dua sirkuit hidrolik yang terpisah. Masing-masing sirkuit ini mengontrol rem untuk sepasang roda.
Konfigurasi sirkuit sendiri dapat berupa depan/belakang (dua depan dan dua belakang) dan diagonal (depan kiri/kanan-belakang dan kanan-depan/kiri-belakang). Dengan cara ini, jika satu sirkuit rem gagal, maka sirkuit lainnya (yang mengontrol pasangan lainnya) dapat membantu menghentikan kendaraan. Selain itu, ada juga katup proporsional yang terdapat di sebagian besar kendaraan. Katup ini memiliki fungsi sebagai penghubung antara master silinder ke sistem rem lainnya.
Selain itu, katup juga berfungsi untuk mengontrol distribusi tekanan yang terjadi antara rem depan dan belakang kendaraan untuk kinerja pengereman yang seimbang dan andal. Lalu, ada pula bagian reservoir master silinder yang terletak di atas master silinder. Perlu diperhatikan bahwa bagian ini harus diisi dengan cukup minyak rem untuk mencegah masuknya udara ke sistem rem.
Loading chat box
please wait...
Anda bisa chat secara langsung dengan
Customer Support kami untuk bertanya
Stok produk,
Pesanan,
Pembayaran,
Pengiriman,
Faktur Pajak,
Pengembalian Barang & Garansi atau kunjungi
Pusat Bantuan Kami