0

FAQ KAMI

1. TENTANG MONOTARO.ID
Q : Siapakah monotaro.id?
monotaro.id merupakan layanan e-commerce yang dioperasikan oleh PT MONOTARO INDONESIA, sebagai usaha bersama antara MonotaRO Co., Ltd dan Sumitomo Corporation Group.
Q : Siapakah MonotaRO dan Sumitomo?
MonotaRO Co., Ltd. merupakan online retailer terkemuka dengan kategori produk Maintenance, Repair and Operation, MRO, di Jepang. Lebih dari 10 juta produk ditawarkan mulai dari perkakas tangan, komponen otomotif, hingga kebutuhan laboratorium. MonotaRO Co., Ltd. yang telah berdiri sejak tahun 2000 dan terdaftar di Tokyo Stock Exchange Section I (TYO: 3064), memiliki lebih dari 1,100 staff dan penjualan tahunan yang mencapai lebih dari USD 480 juta di tahun 2015. MonotaRO Co., Ltd. juga termasuk dalam daftar "Best Under A Billion" di Forbes Asia tahun 2013.
Sumitomo Corporation Group adalah salah satu trading house terbesar di Jepang, dan telah menjalankan Soukai.com, sebuah online retailer terkemuka dalam kategori grocery di Jepang selama lebih dari 10 tahun. Sumitomo Corporation Group mendirikan perusahaan ini sejak tahun 2012.
Q : Apakah perusahaan berganti nama?
Ya, pada tanggal 11 Oktober 2016 nama perusahaan telah berganti nama dari sebelumnya PT Sumisho E-Commerce Indonesia menjadi PT MONOTARO INDONESIA. Jika Anda mempunyai pertanyaan tentang pergantian nama perusahaan. Silahkan hubungi tim CS kami atau melalui layanan live chat.
2. AKUN
Q : Bagaimana cara berbelanja?
Silahkan klik disini untuk melihat instruksi belanja.
Q : Bagaimana cara membuat akun di monotaro.id?
Anda dapat mendaftarkan email perusahaan Anda untuk membuat akun dengan memilih “Daftar Akun” di bagian atas atau klik disini untuk daftar sekarang.
Q : Apa yang harus saya lakukan jika lupa kata sandi?
Pilih “Log In”, klik “Lupa Kata Sandi” dan kemudian masukkan email Anda yang terdaftar. Kami akan mengirimkan link untuk membuat kata sandi baru.
Q : Bagaimana cara untuk mengubah informasi akun?
Silahkan log in ke dalam akun Anda kemudian pilih “Informasi Akun” untuk mengubah profile atau pilih “Alamat” untuk mengubah / menambahkan alamat pengiriman.
3. LAYANAN
Q : Dapatkah saya membeli barang dari website Monotaro Jepang walaupun tidak dijual di website Indonesia?
Tidak. Website Jepang hanya berlaku untuk para pengguna di Jepang. Akan tetapi, Anda dapat mengajukan permintaan produk dengan mengisi form "Item Request" atau "Inquiry Form". Permintaan Anda akan dengan senang hati kami pertimbangkan.
Q : Dapatkah saya melakukan pesan ulang produk?
Ya, silahkan log in ke dalam akun Anda dan pilih “reorder”.
Q : Untuk apakah fitur "Perusahaan Saya" di dalam akun saya?
Kami menyediakan fitur "Integrated Approval System" & "Multiple Log In". Anda perlu mendaftarkan diri untuk dapat menggunakan fitur ini. Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan kunjungi halaman Integrated Approval System dan Multiple Log In
Q : Apakah saya bisa request dibuatkan surat penawaran (quotation)?
Ya. Untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan, saat ini kami memberikan 2 tipe layanan surat penawaran yaitu surat penawaran online dan surat penawaran offline dengan masing-masing ketentuan sebagai berikut :

Offline Quotation Online Quotation
  • Hanya berlaku untuk tipe akun Bisnis dan telah memiliki akun di monotaro.id
  • Jika belum memiliki akun, silahkan daftar disini terlebih dahulu
  • Pelanggan perlu mengirimkan list produk ke tim CS melalui link berikut : request quotation
  • Tim CS kami membutuhkan waktu yang bervariasi untuk memproses permintaan penawaran Anda tergantung dari jumlah produk yang diminta. Berikut panduan estimasi waktu dari pengajuan permintaan quotation offline.

    Jumlah Barang Waktu Proses
    <10 1 hari kerja
    10 - 50 2 hari kerja
    50 - 100 3 hari kerja
    100 - 300 5 hari kerja
    >300 Hubungi tim CS untuk info lebih lanjut

  • Kami berhak menolak memberikan surat penawaran jika ditemukan ketidaksesuaian dengan kebijakan perusahaan kami
  • Berlaku untuk semua tipe akun : Individu dan Bisnis
  • Fleksible dan lebih cepat karena pelanggan yang melakukan sendiri tanpa perlu mengirimkan list produk dan menunggu untuk dibuatkan
  • Caranya mudah hanya perlu masukkan produk yang Anda inginkan dan lanjutkan ke proses checkout kemudian klik tombol "Cetak Surat Penawaran (Online Quotation)"

4. PEMBAYARAN
Q : Metode pembayaran apa saja yang tersedia di monotaro.id?
Saat ini monotaro.id menyediakan beberapa pilihan pembayaran yaitu transfer bank, kartu kredit, debit online, BCA KlikPay, Mandiri Bill Payment, Term of Payment / TOP (Pembayaran Tempo), dan COD (cash on delivery). Untuk pembayaran TOP, dibutuhkan proses administrasi internal dari kami.
Q : Rekening apa saja yang tersedia jika menggunakan metode transfer bank?
Kami memiliki 3 bank untuk transfer yaitu rekening Mandiri Virtual Account, BCA Virtual Account, dan Permata Virtual Account. Anda dapat melihat informasi rekening tersebut di email konfirmasi pesanan setelah melakukan pemesanan.
Q : Kartu kredit apa saja yang dapat digunakan untuk pembayaran?
Kami menerima pembayaran semua kartu kredit berlogo Visa, MasterCard, dan JCB.
Q : Apa yang harus saya lakukan jika sudah melakukan pembayaran?
Anda akan melihat email konfirmasi dari kami setelah melakukan pembayaran.
Q : Bagaimana jika saya melakukan kelebihan atau kekurangan pembayaran ? Apakah pesanan saya tetap diproses?
Pembayaran melalui transfer bank hanya dapat diproses jika jumlah pembayaran yang diterima sesuai dengan jumlah tagihan. Jika pembayaran yang Anda lakukan tidak sesuai dengan jumlah tagihan maka sistem kami akan menganggap Anda belum melakukan pembayaran sehingga Anda akan tetap menerima email pengingat untuk melakukan pembayaran. Anda dapat menghubungi tim CS kami disini jika Anda mengalami hal tersebut.
BCA Virtual Account

BCA Virtual Account adalah nomor rekening virtual yang disediakan oleh bank BCA untuk proses pembayaran secara transfer agar lebih cepat karena tidak membutuhkan proses konfirmasi pembayaran. Nomor rekening BCA Virtual Account akan berbeda untuk setiap akun yang terdaftar di monotaro.id.

Catatan : Pembayaran ke BCA Virtual Account hanya berlaku untuk antar bank BCA.

Via ATM BCA
  • Masukkan kartu ATM BCA Anda dan PIN
  • Pilih menu "Transaksi Lainnya"
  • Pilih menu "Transfer"
  • Pilih menu "Ke Rekening BCA Virtual Account"
  • Masukkan nomor BCA Virtual Account yang tercantum di email pesanan Anda lalu pilih "Benar"
  • Masukkan jumlah tagihan pesanan Anda lalu pilih "Benar"
  • Cek kembali tagihan sebelum Anda pilih "Ya" untuk proses transfer
  • Pembayaran selesai, simpan bukti pembayaran Anda
Via KlikBCA Individual
  • Login ke akun klikBCA Individual Anda
  • Klik menu "Transfer Dana"
  • Klik menu "Transfer ke BCA Virtual Account"
  • Masukkan nomor BCA Virtual Account yang tercantum di email pesanan Anda atas nama PT MONOTARO INDONESIA lalu klik "Lanjutkan"
  • Masukkan jumlah tagihan pesanan dan berita transfer dengan no pesanan Anda lalu klik "OK"
  • Cek kembali tagihan Anda lalu klik "Lanjutkan"
  • Masukkan respons dari keyBCA appli 1 dan "Kirim"
  • Pembayaran selesai, simpan bukti pembayaran Anda
Via KlikBCA Bisnis
  • Login ke akun klikBCA Bisnis Anda
  • Klik menu "Transfer Dana" - "Daftar Transfer" - "Tambah"
  • Masukkan nomor BCA Virtual Account yang tercantum di email pesanan Anda atas nama PT MONOTARO INDONESIA lalu kirim
  • Klik menu "Transfer Dana" - "Transfer ke BCA Virtual Account"
  • Pilih rekening sumber dana transfer dan rekening BCA Virtual Account yang telah Anda daftarkan
  • Masukkan jumlah tagihan pesanan dan berita transfer dengan no pesanan Anda lalu klik "Lanjut"
  • Cek kembali tagihan Anda lalu klik "Kirim"
  • Klik menu "Transfer Dana" - "Otorisasi Transaksi"
  • Pilih transaksi yang akan diproses transfer lalu klik "Setuju"
  • Masukkan respons dari keyBCA appli 2 lalu "Kirim"
  • Pembayaran selesai, simpan bukti pembayaran Anda
Via m-Banking BCA
  • Login ke akun m-Banking BCA Anda
  • Klik menu "m-Transfer"
  • Klik menu "BCA Virtual Account"
  • Klik kolom menu "Nomor Virtual Account" dan masukkan nomor rekening yang tercantum di email pesanan Anda lalu klik "OK"
  • Cek informasi nomor virtual account yang Anda input lalu klik "Send"
  • Cek nomor rekening yang Anda masukkan atas nama PT MONOTARO INDONESIA "OK"
  • Masukkan jumlah tagihan pesanan Anda lalu klik "OK"
  • Masukkan berita transfer dengan no pesanan Anda "OK"
  • Masukkan pin m-BCA Anda lalu klik "OK"
  • Pembayaran selesai, simpan bukti pembayaran Anda
Permata Virtual Account

Permata Virtual Account adalah nomor rekening virtual yang disediakan oleh bank Permata untuk proses pembayaran secara transfer dengan nomor rekening yang berbeda untuk setiap akun yang terdaftar di monotaro.id. Metode pembayaran ini lebih cepat karena tidak membutuhkan proses konfirmasi pembayaran.

Via PermataNet
  • Login ke akun PermataNet Anda
  • Klik menu "Pembayaran"
  • Klik menu "Pembayaran Tagihan" - "Virtual Account"
  • Masukkan nomor Permata Virtual Account (Daftar Tagihan Baru) yang tercantum di email pesanan Anda atas nama PT MONOTARO INDONESIA lalu klik "Lanjutkan"
  • Masukkan jumlah tagihan pesanan Anda lalu klik "Lanjutkan"
  • Cek kembali tagihan Anda lalu klik "Lanjutkan"
  • Masukkan Kode Respon pada halaman Otentikasi Transaksi lalu klik "Lanjutkan"
  • Pembayaran selesai, simpan bukti pembayaran Anda
Via ATM Permata
  • Masukkan kartu ATM Permata Anda dan PIN
  • Pilih menu "Transaksi Lainnya"
  • Pilih menu "Pembayaran" - "Pembayaran Lainnya"
  • Pilih menu "Virtual Account"
  • Masukkan nomor Permata Virtual Account yang tercantum di email pesanan Anda lalu pilih "Benar"
  • Masukkan jumlah tagihan pesanan Anda lalu pilih "Benar"
  • Cek kembali tagihan sebelum Anda pilih "Ya" untuk proses transfer
  • Pilih rekening yang Anda gunakan
  • Pembayaran selesai, simpan bukti pembayaran Anda
Via ATM Bank Lain
  • Masukkan kartu ATM Anda dan PIN
  • Pilih menu "Transaksi Lainnya"
  • Pilih menu "Transfer" - "Ke Rek Bank Lain"
  • Masukkan kode sandi bank Permata "013" lalu pilih "Benar"
  • Masukkan jumlah tagihan pesanan Anda lalu pilih "Benar"
  • Masukkan nomor Permata Virtual Account yang tercantum di email pesanan Anda lalu pilih "Benar"
  • Cek kembali tagihan sebelum Anda pilih "Ya" untuk proses transfer
  • Pembayaran selesai, simpan bukti pembayaran Anda
Catatan : Anda mungkin akan dikenakan biaya tambahan jika transaksi dilakukan dari rekening bank selain Permata dan besarnya biaya tergantung kebijakan dari bank yang Anda gunakan.
Mandiri Virtual Account

Mandiri Virtual Account adalah nomor rekening virtual yang disediakan oleh bank Mandiri khusus untuk transfer antar rekening Mandiri. Metode pembayaran ini lebih cepat karena tidak membutuhkan proses konfirmasi pembayaran.

Via ATM Mandiri
  • Masukkan kartu ATM Mandiri Anda, pilih bahasa "Indonesia", dan masukkan PIN
  • Pilih menu "Bayar / Beli"
  • Pilih menu "Lainnya" - "Lainnya" - "Multi Payment"
  • Masukkan kode perusahaan 88957 atau pilih menu "Daftar Kode" dan cari kode (88957) MONOTARO INDONESIA lalu pilih "Benar"
  • Masukkan nomor Mandiri Virtual Account yang tercantum di email pesanan Anda lalu pilih "Benar"
  • Masukkan jumlah tagihan pesanan Anda lalu pilih "Benar"
  • Pilih no 1 sesuai tagihan pesanan Anda pada saat tertera informasi tagihan lalu pilih"Ya"
  • Cek kembali tagihan sebelum Anda pilih "Ya" untuk proses transfer
  • Pembayaran selesai, simpan bukti pembayaran Anda
Via Mandiri E-Banking (Internet Banking)
  • Login ke akun Mandiri Internet Banking Anda
  • Klik menu "Bayar"
  • Klik menu "Multi Payment"
  • Pilih rekening sumber dana transfer
  • Pilih penyedia jasa "MONOTARO INDONESIA"
  • Masukkan nomor Mandiri yang tercantum di email pesanan Anda di kolom ID VA
  • Masukkan jumlah tagihan pesanan dan berita transfer dengan no pesanan Anda lalu klik "Lanjutkan"
  • Beri centang di kolom tagihan dan cek kembali tagihan Anda lalu klik "Lanjutkan"
  • Masukkan respons dari token Mandiri dan "Kirim"
  • Pembayaran selesai, simpan bukti pembayaran Anda
Via Mandiri Mobile Banking
  • Login ke akun Mandiri Mobile Banking Anda
  • Klik menu "Bayar"
  • Klik menu "Multi Payment"
  • Pilih penyedia jasa "MONOTARO INDONESIA"
  • Masukkan nomor Mandiri yang tercantum di email pesanan Anda
  • Masukkan jumlah tagihan pesanan dan berita transfer dengan no pesanan Anda lalu klik "Lanjutkan"
  • Cek informasi tagihan yang Anda input dan masukkan OTP serta PIN SMS Banking Anda lalu klik "OK"
  • Pembayaran selesai, simpan bukti pembayaran Anda
Permata Virtual Account

Permata Virtual Account adalah nomor rekening virtual yang disediakan oleh bank Permata untuk proses pembayaran secara transfer dengan nomor rekening yang berbeda untuk setiap akun yang terdaftar di monotaro.id. Metode pembayaran ini lebih cepat karena tidak membutuhkan proses konfirmasi pembayaran.

Via PermataNet
  • Login ke akun PermataNet Anda
  • Klik menu "Pembayaran"
  • Klik menu "Pembayaran Tagihan" - "Virtual Account"
  • Masukkan nomor Permata Virtual Account (Daftar Tagihan Baru) yang tercantum di email pesanan Anda atas nama PT MONOTARO INDONESIA lalu klik "Lanjutkan"
  • Masukkan jumlah tagihan pesanan Anda lalu klik "Lanjutkan"
  • Cek kembali tagihan Anda lalu klik "Lanjutkan"
  • Masukkan Kode Respon pada halaman Otentikasi Transaksi lalu klik "Lanjutkan"
  • Pembayaran selesai, simpan bukti pembayaran Anda
Via ATM Permata
  • Masukkan kartu ATM Permata Anda dan PIN
  • Pilih menu "Transaksi Lainnya"
  • Pilih menu "Pembayaran" - "Pembayaran Lainnya"
  • Pilih menu "Virtual Account"
  • Masukkan nomor Permata Virtual Account yang tercantum di email pesanan Anda lalu pilih "Benar"
  • Masukkan jumlah tagihan pesanan Anda lalu pilih "Benar"
  • Cek kembali tagihan sebelum Anda pilih "Ya" untuk proses transfer
  • Pilih rekening yang Anda gunakan
  • Pembayaran selesai, simpan bukti pembayaran Anda
Via ATM Bank Lain
  • Masukkan kartu ATM Anda dan PIN
  • Pilih menu "Transaksi Lainnya"
  • Pilih menu "Transfer" - "Ke Rek Bank Lain"
  • Masukkan kode sandi bank Permata "013" lalu pilih "Benar"
  • Masukkan jumlah tagihan pesanan Anda lalu pilih "Benar"
  • Masukkan nomor Permata Virtual Account yang tercantum di email pesanan Anda lalu pilih "Benar"
  • Cek kembali tagihan sebelum Anda pilih "Ya" untuk proses transfer
  • Pembayaran selesai, simpan bukti pembayaran Anda
Catatan : Anda mungkin akan dikenakan biaya tambahan jika transaksi dilakukan dari rekening bank selain Permata dan besarnya biaya tergantung kebijakan dari bank yang Anda gunakan.
BNI Virtual Account

BNI Virtual Account adalah nomor rekening virtual yang disediakan oleh bank BNI untuk proses pembayaran secara transfer baik sesama bank BNI atau dari bank lainnya. Metode pembayaran ini lebih cepat karena tidak membutuhkan proses konfirmasi pembayaran.

Via ATM BNI
  • Masukkan kartu ATM BNI Anda dan PIN
  • Pilih "Menu Lainnya"
  • Pilih menu "Transfer"
  • Pilih rekening yang Anda gunakan melalui "Dari Rekening Tabungan"
  • Pilih "Ke Rekening BNI"
  • Masukkan nomor BNI Virtual Account yang tercantum di email pesanan Anda lalu pilih "Ya"
  • Masukkan jumlah tagihan pesanan Anda
  • Cek kembali tagihan sebelum Anda pilih "Ya" untuk proses transfer
  • Pembayaran selesai, simpan bukti pembayaran Anda
Via iBank Personal (Internet Banking)
  • Login ke akun BNI Internet Banking Anda
  • Klik menu "Transfer" lalu "Add Favorite Account" lalu "Antar Rekening BNI"
  • Enter nama akun, nomor rekening, dan email lalu klik "Lanjutkan"
  • Masukkan kode otentikasi dari token BNI lalu klik "Lanjutkan"
  • Kembali ke menu utama lalu pilih "Transfer" lalu "Transfer Antar Rekening BNI"
  • Pilih akun yang saja Anda buat di langkah sebelumnya selaku Rekening Tujuan dan isi info lainnya lalu klik "Lanjutkan"
  • Periksa kembali detail tagihan lalu masukkan kode otentikasi lalu klik "Lanjutkan"
  • Pembayaran selesai, simpan bukti pembayaran Anda
Via BNI Mobile Banking
  • Login ke akun BNI Mobile Banking Anda
  • Klik menu "Transfer"
  • Klik "Antar Rekening BNI"
  • Klik "Input New Account"
  • Masukkan nomor rekening lalu "Lanjutkan"
  • Masukkan kata sandi untuk transaksi Anda lalu klik "Lanjutkan"
  • Pembayaran selesai, simpan bukti pembayaran Anda
Via ATM Bank Lain
  • Gunakan ATM yang memiliki jaringan ATM Bersama/Prima/Alto untuk menyelesaikan pembayaran
  • Masukkan kartu ATM Anda dan PIN
  • Pilih menu "Transaksi Lainnya"
  • Pilih menu "Transfer" - "Ke Rek Bank Lain"
  • Masukkan kode sandi bank Permata "009" lalu pilih "Benar"
  • Masukkan nomor BNI Virtual Account yang tercantum di email pesanan Anda lalu pilih "Benar"
  • Pilih rekening yang digunakan
  • Cek kembali tagihan sebelum Anda pilih "Benar" untuk proses transfer
  • Pembayaran selesai, simpan bukti pembayaran Anda
Catatan : Anda mungkin akan dikenakan biaya tambahan jika transaksi dilakukan dari rekening bank selain BNI dan besarnya biaya tergantung kebijakan dari bank yang Anda gunakan.
BCA KlikPay

BCA KlikPay merupakan layanan untuk pelanggan yang memiliki akun di BCA KlikPay serta nomor handphone yang telah terdaftar. Pelanggan dapat melakukan pembayaran dengan 2 pilihan yaitu melalui KlikBCA atau BCA Card.

Langkah pembayaran
  • Silahkan login ke akun BCA KlikPay Anda setelah diarahkan ke website resmi BCA KlikPay
  • Cek detail tagihan dan pilih pembayaran Anda melalui KlikBCA atau BCA Card lalu klik "Kirim"
  • Cek kembali detail tagihan Anda sebelum klik "Kirim OTP"
  • Anda akan menerima SMS berisi One Time Password / kode OTP
  • Masukkan kode OTP tersebut di kolom yang tersedia
  • Pesanan selesai, Anda akan menerima email konfirmasi untuk pesanan Anda
Mandiri Bill Payment

Mandiri Bill Payment merupakan metode pembayaran transfer bank khusus untuk pemilik rekening bank mandiri yang dapat dilakukan melalui semua channel pembayaran bank mandiri seperti via ATM mandiri, internet banking.

Via ATM Mandiri
  • Masukkan kartu ATM Mandiri Anda dan PIN
  • Pilih menu "Bayar/Beli"
  • Pilih menu "Lainnya"
  • Pilih menu "Multi Payment"
  • Masukkan kode perusahaan 70012
  • Masukkan kode pembayaran yang tercantum di email pesanan lalu pilih "Benar"
  • Cek kembali tagihan sebelum Anda pilih "Ya" untuk proses transfer
  • Pembayaran selesai, simpan bukti pembayaran Anda
Via Mandiri Internet Banking
  • Login ke akun Mandiri Internet Banking Anda
  • Klik menu "Bayar"
  • Klik menu "Multi Payment"
  • Pilih akun rekening Anda, kemudian lalu pilih Midtrans.
  • Masukkan kode pembayaran yang tercantum di email pesanan lalu pilih "Lanjutkan"
  • Cek kembali tagihan Anda sebelum melanjutkan proses transfer
  • Pembayaran selesai, simpan bukti pembayaran Anda
Debit Online

Kartu debit yang dapat digunakan adalah semua kartu debit berlogo Visa/MasterCard serta sudah terdaftar & aktif sebagai kartu debit online di bank penerbit kartu masing-masing.

Langkah pembayaran
  • Masukkan nomor kartu debit Anda di kolom nomor kartu kredit beserta informasi lainnya
  • Pastikan informasi yang Anda masukkan sudah benar lalu klik "Submit"
  • Anda akan menerima SMS berisi One Time Password / kode OTP
  • Masukkan kode OTP tersebut di kolom yang tersedia
  • Pesanan selesai, Anda akan menerima email konfirmasi untuk pesanan Anda
COD (Cash On Delivery)

COD (Cash On Delivery) merupakan metode bayar di tempat dengan cara membayar tunai kepada tim pengiriman yang kami tunjuk saat Anda menerima pesanan.
  1. Berlaku untuk seluruh area pulau Jawa : DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur
  2. Berlaku untuk transaksi dengan maksimum Rp 10.000.000 (termasuk ongkir) dan tanpa minimum transaksi
  3. Waktu pengiriman di hari kerja Senin - Jumat antara pukul 08:30 s.d 17:00 WIB
  4. Tim kurir kami akan menyertakan invoice pesanan Anda pada saat pengiriman
  5. Alamat pengiriman harus jelas dan no telepon Anda atau orang lain yang menerima pesanan dapat selalu dihubungi
Catatan : Agar lebih memudahkan tim pengiriman kami dalam menemukan alamat, Anda dapat memberikan petunjuk jalan tambahan saat menuliskan alamat tujuan.
Pembayaran Tempo (TOP / Term of Payment)

Apa itu TOP?
TOP (Term of Payment) adalah salah satu metode pembayaran yang kami tawarkan kepada pelanggan setia kami yang memiliki akun perusahaan / korporasi. Kami memberikan jangka waktu untuk pembayaran mulai dari 7 hari sejak tanggal invoice diterbitkan.

Apa saja syarat untuk mendapatkan layanan TOP?
  • Pelanggan terdaftar dengan akun perusahaan / korporasi
  • Pelanggan telah melakukan transaksi dengan salah satu kondisi di bawah ini :
    • 1x transaksi Rp 1.000.000
    • 2x transaksi mulai Rp 300.000 per transaksi
    • 3x transaksi mulai Rp 200.000 per transaksi
  • Total nominal transaksi termasuk PPN & biaya pengiriman (jika ada).
  • Mendapat persetujuan untuk mendapatkan layanan TOP dari pihak monotaro.id
Bagaimana proses untuk mendapatkan layanan TOP?
  • Download formulir pendaftaran di halaman Formulir Online Pengajuan TOP,  klik disini
  • Isi Formulir Online Pengajuan TOP dan juga upload lampiran berkas yang diminta dan sudah dilengkapi kelengkapan datanya :
    • TOP Registration form
    • Required Document List
  • Pihak monotaro.id akan menghubungi pelanggan untuk melakukan proses verifikasi
  • Pihak monotaro.id akan memberikan informasi dari hasil verifikasi yang telah dilakukan dan pelanggan berhak untuk menggunakan layanan TOP jika telah disetujui
Berapa lama proses pengajuan TOP?
Proses pengajuan TOP memakan waktu 3 hari kerja setelah semua dokumen kami terima dengan lengkap.

Catatan : Kami berhak untuk membatalkan pesanan jika ditemukan ketidaksesuaian dengan peraturan yang berlaku, mencurigakan.
Down Payment (DP)

Down Payment (DP) adalah salah satu layanan tambahan dari metode pembayaran Bank Transfer, dimana pelanggan yang melakukan pembelian diatas Rp 10.000.000 dapat melakukan pembayaran uang muka terlebih dahulu hingga barang siap kami kirimkan ke alamat yang dituju.

Apa saja syarat untuk layanan DP?
  • Pelanggan terdaftar dengan akun perusahaan / korporasi
  • Pelanggan melakukan transaksi dengan metode pembayaran Transfer Bank (Antar Bank) dan Transfer Bank (Antar Bank Mandiri)

Berapa jumlah nominal DP yang harus dilakukan?

Transaksi Besar DP
Rp 10.000.000 - Rp 50.000.000 50%
Rp 50.000.000 - Rp 100.000.000 30%
> Rp 100.000.000 20%

Total nominal transaksi termasuk PPN & biaya pengiriman (jika ada).
5. Invoice & Faktur Pajak
Q : Apakah monotaro.id dapat menerbitkan faktur pajak atas pesanan yang saya lakukan?
Kami dapat menerbitkan invoice dan faktur pajak atas pesanan yang Anda lakukan. Permintaan penerbitan faktur pajak dapat dilakukan selambat-lambatnya tanggal 10 pada bulan berikutnya terhitung dari bulan pengiriman barang. Jika sudah melewati tanggal tersebut maka kami tidak dapat merubah atau menerbitkan faktur pajak atas pesanan tersebut. Silahkan kirimkan lampiran berupa foto atau scan kartu NPWP Anda dengan jelas tertera Nama, nomor NPWP, dan Alamat Faktur Pajak kepada kami melalui layanan live chat atau email ke tim CS kami, klik disini.
Q : Apakah dokumen faktur pajak dan invoice dapat dikirimkan ke tempat saya?
Dokumen invoice dan faktur pajak akan dikirimkan ke Alamat Penagihan Utama yang tercantum di halaman buku alamat. Jangka waktu pengiriman dokumen adalah 7 hari kerja setelah barang pesanan Anda terkirim dan jika data NPWP sudah diinformasikan ke kami.
Q : Apakah saya bisa meminta soft copy invoice dan faktur pajak melalui email?
Bisa, kami akan mengirimkan soft copy invoice dan faktur pajak melalui email jika faktur pajak pesanan Anda sudah diterbitkan oleh tim terkait kami. Soft copy faktur pajak akan dikirimkan dalam kurun waktu 3 - 4 hari kerja setelah barang pesanan terkirim. Silahkan kirimkan permintaan soft copy faktur pajak pesanan yang Anda inginkan melalui live chat atau email ke tim CS kami, klik disini.
Q : Bagaimana cara jika saya ingin melakukan perubahan Nama, Alamat Faktur Pajak & Nomor NPWP?
Permintaan perubahan Nama, Alamat & Nomor NPWP dapat dilakukan dengan cara melampirkan foto atau scan kartu NPWP terbaru kepada kami melalui dikirimkan melalui live chat atau email ke tim CS kami, klik disini.
Q : Saya sudah terima invoice dan faktur pajak dari pesanan saya di monotaro.id namun terdapat kesalahan / ketidaksesuaian. Apakah bisa direvisi?
Revisi invoice dan faktur pajak harus melalui proses pemeriksaan terlebih dahulu oleh tim terkait kami. Permintaan revisi invoice terkait dengan ketidaksesuaian data NPWP dapat kami proses selambat-lambatnya tanggal 10 pada bulan berikutnya terhitung dari bulan pengiriman barang. Jika sudah melewati tanggal tersebut maka kami tidak dapat merubah faktur pajak atas pesanan tersebut. Silahkan menginformasikan invoice & faktur pajak yang ingin Anda revisi melalui live chat atau email ke tim CS kami, klik disini.
Q : Saya melakukan 2 pemesanan dalam satu akun yang sama, apakah bisa dibuatkan faktur pajak dengan dua nama perusahaan dan NPWP yang berbeda?
Tidak bisa. Satu akun hanya dapat mendaftarkan satu nama perusahaan dan satu nomor NPWP. Silahkan membuat akun baru untuk pesanan atas nama perusahaan yang berbeda.
6. PENGIRIMAN
Q : Daerah mana saja jangkauan pengiriman monotaro.id?
Kami dapat mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia.
Q : Berapa lama waktu pengiriman di monotaro.id?

Catatan :
1. Estimasi pengiriman dibawah ini terhitung sejak pesanan Anda siap dikirimkan oleh tim logistik kami (tidak termasuk waktu pengadaan barang)
2. Pengiriman produk yang bersifat cairan, gas, dan bahan mudah terbakar dapat memakan waktu 7-14 hari kerja untuk area di luar Jabodetabek disesuaikan dengan syarat & ketentuan kurir pengiriman yang ditunjuk oleh kami

Wilayah Pengiriman Estimasi Pengiriman
JABODETABEK & Karawang 1 - 2 hari kerja
Bali 1 - 6 hari kerja
Bangka Belitung 1 - 7 hari kerja
Banten 1 - 7 hari kerja
Jawa Barat 1 - 6 hari kerja
Jawa Tengah 1 - 7 hari kerja
Jawa Timur 1 - 10 hari kerja
Kalimantan 1 - 10 hari kerja
Maluku 2 - 10 hari kerja
Nanggroe Aceh Darussalam 1 - 10 hari kerja
Nusa Tenggara 2 - 10 hari kerja
Papua 2 - 10 hari kerja
Sulawesi 1 - 10 hari kerja
Sumatera & Kep. Riau 1 - 10 hari kerja


Untuk info lebih jelasnya mengenai ketersediaan stok silahkan lihat informasi di setiap halaman produk atau hubungi tim CS kami atau melalui layanan live chat
Q : Berapa biaya pengiriman dan pengemasan?
Saat ini kami memberikan GRATIS biaya pengiriman ke seluruh kawasan industri di JABODETABEK & JAWA BARAT yang meliputi area : Bandung, Cikampek, Serang, Purwakarta, Cilegon, Sukabumi, Cikarang, Karawang dengan pembelanjaan mulai Rp 300.000.

Khusus untuk area JABODETABEK, jika belanja di bawah Rp 300.000 maka biaya pengirimannya :

  1. Berat pengiriman 1kg, biaya kirim adalah Rp 7.200
  2. Berat pengiriman 1kg - 2kg, biaya kirim adalah Rp 14.400
  3. Berat pengiriman > 2kg, biaya kirim flat Rp 20.000

Untuk area lainnya, biaya pengiriman disesuaikan dengan perhitungan berat dan ukuran barang yang dipesan serta lokasi pengiriman. Anda dapat mengetahui biaya pengiriman dan pengemasan pada saat checkout atau silahkan menghubungi tim CS kami.

Catatan : Biaya pengiriman & layanan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu

Q : Dapatkah saya memilih kurir pengiriman sendiri?
Tidak. Kami akan mengantarkan pesanan Anda dengan tim pengiriman monotaro.id, JNE, Ninja Xpress dan jasa pengiriman lain yang kami tunjuk.
Q : Dapatkah saya menjadwalkan pengiriman pesanan?
Tidak. Kami akan mengatur jadwal pengiriman pesanan Anda secepatnya.
Q : Apakah mungkin untuk mengirimkan pesanan dari satu nomor pesanan ke beberapa alamat?
Tidak. Satu nomor pesanan hanya berlaku untuk satu alamat pengiriman. Anda dapat menambahkan beberapa alamat di dalam akun Anda dan gunakan fitur "Pesan Ulang" jika jenis dan jumlah barang sama.
Q : Dapatkah monotaro.id mengirimkan barang secara express?
Tidak. Saat ini kami belum melayani jasa pengiriman express.
7. PENGEMBALIAN BARANG
Q : Apakah setiap barang dapat dikembalikan?
Tidak. Kami hanya menerima pengembalian barang dengan kondisi sama seperti saat Anda terima tanpa merusak segel untuk kasus barang sebagai berikut :
  • Cacat produksi
  • Masalah teknis
  • Barang yang salah kirim
  • Kerusakan akibat pengiriman
Q : Kriteria apa saja yang harus dipenuhi untuk pengembalian barang?
Barang yang masih terdapat "warranty seals" dan kartu garansi. Barang tidak akan diterima pengembaliannya apabila :
  • Segel warranty rusak atau hilang
  • Dikembalikan tanpa kemasan asli dan tidak disertakan dengan aksesoris terkait (buku panduan, sertifikat keaslian, dll)
  • Segel kemasan rusak
Permohonan pengembalian barang harus diberitahukan kepada kami dalam kurum waktu maksimum 7 hari kerja setelah Anda menerima pesanan.
Q : Bagaimana cara mengajukan pengembalian barang?
Anda dapat mengirim permintaan ke tim CS kami dengan judul "REFUND PRODUCT - ORDER NUMBER ()" dan menyertakan informasi dibawah ini :
  • Nomor order
  • Nomor SKU dan nama barang
  • Alasan dikembalikan
  • Foto produk yang rusak
Q : Apakah barang dikembalikan akan diganti dengan barang baru?
Ya. Barang akan diganti dengan produk yang sama. Jika barang tidak tersedia maka akan diberikan pilihan sebagai berikut :
  • Pengembalian dana dalam bentuk transfer bank
  • Menunggu sampai barang tersedia (tidak ada batasan waktu)
  • Menukarkan dengan barang yang sama namun berbeda merek dan jika harga pengganti lebih murah maka kelebihan uang akan dikembalikan
Q : Apa yang harus dilakukan jika saya menerima pesanan tidak lengkap?
Jika barang yang dikirimkan sesuai dengan jumlah pada konfirmasi pengiriman atau surat jalan, maka sisa barang yang belum akan dikirimkan terpisah. Namun jika barang yang diterima tidak sesuai dengan konfirmasi pengiriman atau surat jalan, silahkan menghubungi tim CS kami. Kami akan segera mengirimkan barang yang kurang atau bagian produk yang hilang.
Q : Apa yang harus dilakukan jika saya menerima barang lebih atau tidak dipesan?
Silahkan hubungi tim CS kami atau melalui layanan live chat.
8. PEMBATALAN
Q : Bagaimana cara membatalkan pesanan di monotaro.id?
Anda dapat membatalkan pesanan jika belum dikirimkan dengan cara menghubungi tim CS kami.
Q : Jika tidak melakukan pembayaran, apakah pesanan saya akan dibatalkan?
Ya. Jika Anda memilih metode transfer bank dan tidak melakukan pembayaran dalam waktu 3x24 jam maka pesanan akan dibatalkan dan harus melakukan pemesanan ulang jika ingin melanjutkan berbelanja. Kami tidak menjamin stok barang masih tersedia setelah pesanan Anda dibatalkan.
9. PENGEMBALIAN DANA
Q : Mengapa dana saya dikembalikan?
Pengembalian dana dilakukan karena adanya pembatalan pesanan, pengembalian barang, kelebihan pembayaran, maupun hal lainnya.
Q : Kemana dana saya dapat dikembalikan?
Pengembalian dana dilakukan melalui transfer bank atau pengembalian saldo limit ke kartu kredit.
Q : Berapa lama proses pengembalian dana?
Estimasi waktu pengembalian dana adalah 3 - 5 hari kerja terhitung sejak kami menerima informasi pelanggan seluruhnya yang mencakup :
  1. Nama Bank
  2. Kota dan Cabang Bank
  3. Nomor Rekening
  4. Nama Pemilik Rekening (harus sesuai dengan nama yang tertera di buku tabungan/rekening koran)
Khusus pengembalian dana melalui kartu kredit / debit online, beberapa bank dapat memakan waktu lebih dari 14 hari kerja sesuai dengan syarat, ketentuan dan kondisi bank penerbit kartu.
Q : Bagaimana cara saya mengetahui jika pengembalian dana sudah diproses?
Bukti pengembalian dana akan diinformasikan melalui email setelah proses pengembalian selesai dilakukan. Khusus pengembalian melalui transfer bank, email bukti pengembalian akan dikirim oleh Bank SMBC (Sumitomo Mitsui Banking Corporation) electronic_advice@id.smbc.co.jp. Jika Anda belum mendapatkan informasi status pengembalian dana melebihi estimasi waktu di atas silahkan hubungi tim CS kami atau melalui layanan live chat.
Catatan :
  • Kami tidak berkewajiban untuk memeriksa kebenaran rekening yang disampaikan untuk proses pengembalian dana. Informasi rekening yang diberikan pelanggan adalah rekening yang benar dan disampaikan melalui email ke tim CS kami oleh orang yang berhak sesuai dengan akun pelanggan yang terdaftar.
  • Kami tidak bertanggung jawab atas segala akibat hukum dan kerugian yang timbul dari kesalahan penyampaian informasi pelanggan dan/atau penyalahgunaan nomor dan nama pemilik Rekening untuk proses pengembalian dana ini.
  • Kami berhak meminta bukti transfer pembayaran transaksi yang Anda lakukan untuk keperluan internal kami sebelum atau sesudah kami melakukan proses pengembalian.
10. PROMO
Q : Apakah ada promo khusus untuk akun Bisnis?
Ya. Biasanya kami memberikan promo ekslusif dengan menggunakan kode kupon untuk Anda yang terdaftar sebagai akun Bisnis pada periode tertentu.
Q : Bagaimana cara menggunakan kupon/voucher untuk promo tersebut?
Untuk info jelasnya, silahkan kunjungi halaman 'Cara Penggunaan Voucher' disini.
Q : Jika akun saya adalah perorangan, apakah tidak ada promo khusus?
Bagi Anda yang terdaftar sebagai akun perorangan, Anda dapat menikmati diskon langsung yang sedang berjalan di website monotaro.id di periode tertentu.