0

CARA PEMBAYARAN

Metode pembayaran apa saja yang tersedia di monotaro.id?
Saat ini monotaro.id menyediakan beberapa pilihan pembayaran yaitu transfer bank, kartu kredit, debit online, BCA KlikPay, Mandiri Bill Payment, Term of Payment / TOP (Pembayaran Tempo), dan COD (cash on delivery). Untuk pembayaran TOP, dibutuhkan proses administrasi internal dari kami.
Rekening apa saja yang tersedia jika menggunakan metode transfer bank?
Kami memiliki 3 bank untuk transfer yaitu rekening Mandiri Virtual Account, BCA Virtual Account, dan Permata Virtual Account. Anda dapat melihat informasi rekening tersebut di e-mail konfirmasi pesanan setelah melakukan pemesanan.
Kartu kredit apa saja yang dapat digunakan untuk pembayaran?
Kami menerima pembayaran semua kartu kredit berlogo Visa, MasterCard, dan JCB.
Apa yang harus saya lakukan jika sudah melakukan pembayaran?
Anda akan melihat email konfirmasi dari kami setelah melakukan pembayaran.
Kartu debit yang dapat digunakan adalah semua kartu debit berlogo Visa/MasterCard serta sudah terdaftar & aktif sebagai kartu debit online di bank penerbit kartu masing-masing.

Langkah pembayaran
  • Masukkan nomor kartu debit Anda di kolom nomor kartu kredit beserta informasi lainnya
  • Pastikan informasi yang Anda masukkan sudah benar lalu klik "Submit"
  • Anda akan menerima SMS berisi One Time Password / kode OTP
  • Masukkan kode OTP tersebut di kolom yang tersedia
  • Pesanan selesai, Anda akan menerima email konfirmasi untuk pesanan Anda
BCA KlikPay merupakan layanan untuk pelanggan yang memiliki akun di BCA KlikPay serta nomor handphone yang telah terdaftar. Pelanggan dapat melakukan pembayaran dengan 2 pilihan yaitu melalui KlikBCA atau BCA Card.

Langkah pembayaran
  • Silahkan login ke akun BCA KlikPay Anda setelah diarahkan ke website resmi BCA KlikPay
  • Cek detail tagihan dan pilih pembayaran Anda melalui KlikBCA atau BCA Card lalu klik "Kirim"
  • Cek kembali detail tagihan Anda sebelum klik "Kirim OTP"
  • Anda akan menerima SMS berisi One Time Password / kode OTP
  • Masukkan kode OTP tersebut di kolom yang tersedia
  • Pesanan selesai, Anda akan menerima email konfirmasi untuk pesanan Anda
Mandiri Bill Payment merupakan metode pembayaran transfer bank khusus untuk pemilik rekening bank mandiri yang dapat dilakukan melalui semua channel pembayaran bank mandiri seperti via ATM mandiri, internet banking.

Via ATM Mandiri
  • Masukkan kartu ATM Mandiri Anda dan PIN
  • Pilih menu "Bayar/Beli"
  • Pilih menu "Lainnya"
  • Pilih menu "Multi Payment"
  • Masukkan kode perusahaan 70012
  • Masukkan kode pembayaran yang tercantum di email pesanan lalu pilih "Benar"
  • Cek kembali tagihan sebelum Anda pilih "Ya" untuk proses transfer
  • Pembayaran selesai, simpan bukti pembayaran Anda
Via Mandiri Internet Banking
  • Login ke akun Mandiri Internet Banking Anda
  • Klik menu "Bayar"
  • Klik menu "Multi Payment"
  • Pilih akun rekening Anda, kemudian lalu pilih Midtrans.
  • Masukkan kode pembayaran yang tercantum di email pesanan lalu pilih "Lanjutkan"
  • Cek kembali tagihan Anda sebelum melanjutkan proses transfer
  • Pembayaran selesai, simpan bukti pembayaran Anda
BCA Virtual Account adalah nomor rekening virtual yang disediakan oleh bank BCA untuk proses pembayaran secara transfer agar lebih cepat karena tidak membutuhkan proses konfirmasi pembayaran. Nomor rekening BCA Virtual Account akan berbeda untuk setiap akun yang terdaftar di monotaro.id.

Catatan : Pembayaran ke BCA Virtual Account hanya berlaku untuk antar bank BCA.

Via ATM BCA
  • Masukkan kartu ATM BCA Anda dan PIN
  • Pilih menu"Transaksi Lainnya"
  • Pilih menu"Transfer"
  • Pilih menu"Ke Rekening BCA Virtual Account"
  • Masukkan nomor BCA Virtual Account yang tercantum di email pesanan Anda lalu pilih "Benar"
  • Masukkan jumlah tagihan pesanan Anda lalu pilih "Benar"
  • Cek kembali tagihan sebelum Anda pilih "Ya" untuk proses transfer
  • Pembayaran selesai, simpan bukti pembayaran Anda
Via KlikBCA Individual
  • Login ke akun klikBCA Individual Anda
  • Klik menu"Transfer Dana"
  • Klik menu"Transfer ke BCA Virtual Account"
  • Masukkan nomor BCA Virtual Account yang tercantum di email pesanan Anda atas nama PT MONOTARO INDONESIA lalu klik "Lanjutkan"
  • Masukkan jumlah tagihan pesanan dan berita transfer dengan no pesanan Anda lalu klik "OK"
  • Cek kembali tagihan Anda lalu klik "Lanjutkan"
  • Masukkan respons dari keyBCA appli 1 dan "Kirim"
  • Pembayaran selesai, simpan bukti pembayaran Anda
Via KlikBCA Bisnis
  • Login ke akun klikBCA Bisnis Anda
  • Klik menu"Transfer Dana" - "Daftar Transfer" - "Tambah"
  • Masukkan nomor BCA Virtual Account yang tercantum di email pesanan Anda atas nama PT MONOTARO INDONESIA lalu kirim
  • Klik menu"Transfer Dana" - "Transfer ke BCA Virtual Account"
  • Pilih rekening sumber dana transfer dan rekening BCA Virtual Account yang telah Anda daftarkan
  • Masukkan jumlah tagihan pesanan dan berita transfer dengan no pesanan Anda lalu klik "Lanjut"
  • Cek kembali tagihan Anda lalu klik "Kirim"
  • Klik menu"Transfer Dana" - "Otorisasi Transaksi"
  • Pilih transaksi yang akan diproses transfer lalu klik "Setuju"
  • Masukkan respons dari keyBCA appli 2 lalu "Kirim"
  • Pembayaran selesai, simpan bukti pembayaran Anda
Via m-Banking BCA
  • Login ke akun m-Banking BCA Anda
  • Klik menu"m-Transfer"
  • Klik menu"BCA Virtual Account"
  • Klik kolom menu "Nomor Virtual Account" dan masukkan nomor rekening yang tercantum di email pesanan Anda lalu klik "OK"
  • Cek informasi nomor virtual account yang Anda input lalu klik "Send"
  • Cek nomor rekening yang Anda masukkan atas nama PT MONOTARO INDONESIA "OK"
  • Masukkan jumlah tagihan pesanan Anda lalu klik "OK"
  • Masukkan berita transfer dengan no pesanan Anda "OK"
  • Masukkan pin m-BCA Anda lalu klik "OK"
  • Pembayaran selesai, simpan bukti pembayaran Anda
Permata Virtual Account adalah nomor rekening virtual yang disediakan oleh bank Permata untuk proses pembayaran secara transfer dengan nomor rekening yang berbeda untuk setiap akun yang terdaftar di monotaro.id. Metode pembayaran ini lebih cepat karena tidak membutuhkan proses konfirmasi pembayaran.

Via PermataNet
  • Login ke akun PermataNet Anda
  • Klik menu "Pembayaran"
  • Klik menu "Pembayaran Tagihan" - "Virtual Account"
  • Masukkan nomor Permata Virtual Account (Daftar Tagihan Baru) yang tercantum di email pesanan Anda atas nama PT MONOTARO INDONESIA lalu klik "Lanjutkan"
  • Masukkan jumlah tagihan pesanan Anda lalu klik "Lanjutkan"
  • Cek kembali tagihan Anda lalu klik "Lanjutkan"
  • Masukkan Kode Respon pada halaman Otentikasi Transaksi lalu klik "Lanjutkan"
  • Pembayaran selesai, simpan bukti pembayaran Anda
Via ATM Permata
  • Masukkan kartu ATM Permata Anda dan PIN
  • Pilih menu "Transaksi Lainnya"
  • Pilih menu "Pembayaran" - "Pembayaran Lainnya"
  • Pilih menu "Virtual Account"
  • Masukkan nomor Permata Virtual Account yang tercantum di email pesanan Anda lalu pilih "Benar"
  • Masukkan jumlah tagihan pesanan Anda lalu pilih "Benar"
  • Cek kembali tagihan sebelum Anda pilih "Ya" untuk proses transfer
  • Pilih rekening yang Anda gunakan
  • Pembayaran selesai, simpan bukti pembayaran Anda
Via ATM Bank Lain
  • Masukkan kartu ATM Anda dan PIN
  • Pilih menu "Transaksi Lainnya"
  • Pilih menu "Transfer" - "Ke Rek Bank Lain"
  • Masukkan kode sandi bank Permata "013" lalu pilih "Benar"
  • Masukkan jumlah tagihan pesanan Anda lalu pilih "Benar"
  • Masukkan nomor Permata Virtual Account yang tercantum di email pesanan Anda lalu pilih "Benar"
  • Cek kembali tagihan sebelum Anda pilih "Ya" untuk proses transfer
  • Pembayaran selesai, simpan bukti pembayaran Anda
Catatan : Anda mungkin akan dikenakan biaya tambahan jika transaksi dilakukan dari rekening bank selain Permata dan besarnya biaya tergantung kebijakan dari bank yang Anda gunakan.
Mandiri Virtual Account adalah nomor rekening virtual yang disediakan oleh bank Mandiri khusus untuk transfer antar rekening Mandiri. Metode pembayaran ini lebih cepat karena tidak membutuhkan proses konfirmasi pembayaran.

Via ATM Mandiri
  • Masukkan kartu ATM Mandiri Anda, pilih bahasa "Indonesia", dan masukkan PIN
  • Pilih menu "Bayar / Beli"
  • Pilih menu "Lainnya" - "Lainnya" - "Multi Payment"
  • Masukkan kode perusahaan 88957 atau pilih menu "Daftar Kode" dan cari kode (88957) MONOTARO INDONESIA lalu pilih "Benar"
  • Masukkan nomor Mandiri Virtual Account yang tercantum di email pesanan Anda lalu pilih "Benar"
  • Masukkan jumlah tagihan pesanan Anda lalu pilih "Benar"
  • Pilih no 1 sesuai tagihan pesanan Anda pada saat tertera informasi tagihan lalu pilih"Ya"
  • Cek kembali tagihan sebelum Anda pilih "Ya" untuk proses transfer
  • Pembayaran selesai, simpan bukti pembayaran Anda
Via Mandiri E-Banking (Internet Banking)
  • Login ke akun Mandiri Internet Banking Anda
  • Klik menu "Bayar"
  • Klik menu "Multi Payment"
  • Pilih rekening sumber dana transfer
  • Pilih penyedia jasa "MONOTARO INDONESIA"
  • Masukkan nomor Mandiri yang tercantum di email pesanan Anda di kolom ID VA
  • Masukkan jumlah tagihan pesanan dan berita transfer dengan no pesanan Anda lalu klik "Lanjutkan"
  • Beri centang di kolom tagihan dan cek kembali tagihan Anda lalu klik "Lanjutkan"
  • Masukkan respons dari token Mandiri dan "Kirim"
  • Pembayaran selesai, simpan bukti pembayaran Anda
Via Mandiri Mobile Banking
  • Login ke akun Mandiri Mobile Banking Anda
  • Klik menu "Bayar"
  • Klik menu "Multi Payment"
  • Pilih penyedia jasa "MONOTARO INDONESIA"
  • Masukkan nomor Mandiri yang tercantum di email pesanan Anda
  • Masukkan jumlah tagihan pesanan dan berita transfer dengan no pesanan Anda lalu klik "Lanjutkan"
  • Cek informasi tagihan yang Anda input dan masukkan OTP serta PIN SMS Banking Anda lalu klik "OK"
  • Pembayaran selesai, simpan bukti pembayaran Anda
COD (Cash On Delivery) merupakan metode bayar di tempat dengan cara membayar tunai kepada tim pengiriman yang kami tunjuk saat Anda menerima pesanan.
  1. Berlaku untuk seluruh area pulau Jawa : DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur
  2. Berlaku untuk transaksi dengan maksimum Rp 10.000.000 (termasuk ongkir) dan tanpa minimum transaksi
  3. Waktu pengiriman di hari kerja Senin - Jumat antara pukul 08:30 s.d 17:00 WIB
  4. Tim kurir kami akan menyertakan invoice pesanan Anda pada saat pengiriman
  5. Alamat pengiriman harus jelas dan no telepon Anda atau orang lain yang menerima pesanan dapat selalu dihubungi
Catatan : Agar lebih memudahkan tim pengiriman kami dalam menemukan alamat, Anda dapat memberikan petunjuk jalan tambahan saat menuliskan alamat tujuan.

Apa itu TOP?
TOP (Term of Payment) adalah salah satu metode pembayaran yang kami tawarkan kepada pelanggan setia kami yang memiliki akun perusahaan / korporasi. Kami memberikan jangka waktu untuk pembayaran mulai dari 7 hari sejak tanggal invoice diterbitkan.

Apa saja syarat untuk mendapatkan layanan TOP?
  • Pelanggan terdaftar dengan akun perusahaan / korporasi
  • Pelanggan telah melakukan transaksi dengan salah satu kondisi di bawah ini :
    • 1x transaksi Rp 1.000.000
    • 2x transaksi mulai Rp 300.000 per transaksi
    • 3x transaksi mulai Rp 200.000 per transaksi
  • Total nominal transaksi termasuk PPN & biaya pengiriman (jika ada).
  • Mendapat persetujuan untuk mendapatkan layanan TOP dari pihak monotaro.id
Bagaimana proses untuk mendapatkan layanan TOP?
  • Download formulir pendaftaran di halaman Formulir Online Pengajuan TOP,  klik disini
  • Isi Formulir Online Pengajuan TOP dan juga upload lampiran berkas yang diminta dan sudah dilengkapi kelengkapan datanya :
    • TOP Registration form
    • Required Document List
  • Pihak monotaro.id akan menghubungi pelanggan untuk melakukan proses verifikasi
  • Pihak monotaro.id akan memberikan informasi dari hasil verifikasi yang telah dilakukan dan pelanggan berhak untuk menggunakan layanan TOP jika telah disetujui
Berapa lama proses pengajuan TOP?
Proses pengajuan TOP memakan waktu 3 hari kerja setelah semua dokumen kami terima dengan lengkap.

Catatan : Kami berhak untuk membatalkan pesanan jika ditemukan ketidaksesuaian dengan peraturan yang berlaku, mencurigakan.
Apakah monotaro.id dapat menerbitkan faktur pajak atas pesanan yang saya lakukan?
Kami dapat menerbitkan invoice dan faktur pajak atas pesanan yang Anda lakukan. Permintaan penerbitan faktur pajak dapat dilakukan selambat-lambatnya tanggal 10 pada bulan berikutnya terhitung dari bulan pengiriman barang. Jika sudah melewati tanggal tersebut maka kami tidak dapat merubah atau menerbitkan faktur pajak atas pesanan tersebut. Silahkan kirimkan lampiran berupa foto atau scan kartu NPWP Anda dengan jelas tertera Nama, nomor NPWP, dan Alamat Faktur Pajak kepada kami melalui layanan live chat atau email ke customer service kami, klik disini.
Apakah dokumen faktur pajak dan invoice dapat dikirimkan ke tempat saya?
Dokumen invoice dan faktur pajak akan dikirimkan ke Alamat Penagihan Utama yang tercantum di halaman buku alamat. Jangka waktu pengiriman dokumen adalah 7 hari kerja setelah barang pesanan Anda terkirim dan jika data NPWP sudah diinformasikan ke kami.
Apakah saya bisa meminta soft copy invoice dan faktur pajak melalui email?
Bisa, kami akan mengirimkan soft copy invoice dan faktur pajak melalui email jika faktur pajak pesanan Anda sudah diterbitkan oleh tim terkait kami. Soft copy faktur pajak akan dikirimkan dalam kurun waktu 3 - 4 hari kerja setelah barang pesanan terkirim. Silahkan kirimkan permintaan soft copy faktur pajak pesanan yang Anda inginkan melalui live chat atau email ke customer service kami, klik disini.
Bagaimana cara jika saya ingin melakukan perubahan Nama, Alamat Faktur Pajak & Nomor NPWP?
Permintaan perubahan Nama, Alamat & Nomor NPWP dapat dilakukan dengan cara melampirkan foto atau scan kartu NPWP terbaru kepada kami melalui dikirimkan melalui live chat atau email ke customer service kami, klik disini.
Saya sudah terima invoice dan faktur pajak dari pesanan saya di monotaro.id namun terdapat kesalahan / ketidaksesuaian. Apakah bisa direvisi?
Revisi invoice dan faktur pajak harus melalui proses pemeriksaan terlebih dahulu oleh tim terkait kami. Permintaan revisi invoice terkait dengan ketidaksesuaian data NPWP dapat kami proses selambat-lambatnya tanggal 10 pada bulan berikutnya terhitung dari bulan pengiriman barang. Jika sudah melewati tanggal tersebut maka kami tidak dapat merubah faktur pajak atas pesanan tersebut. Silahkan menginformasikan invoice & faktur pajak yang ingin Anda revisi melalui live chat atau email ke customer service kami, klik disini.
Saya melakukan 2 pemesanan dalam satu akun yang sama, apakah bisa dibuatkan faktur pajak dengan dua nama perusahaan dan NPWP yang berbeda?
Tidak bisa. Satu akun hanya dapat mendaftarkan satu nama perusahaan dan satu nomor NPWP. Silahkan membuat akun baru untuk pesanan atas nama perusahaan yang berbeda.